Si Kutu Putih dan Penanggulangannya

Back to Blog

Si Kutu Putih dan Penanggulangannya

Siapa yang tidak mengenal hama ini, bentuk putih dan berbulu sering hinggap di daun atau lebih tepatnya di bawah daun, pasti kalian yang hobi menanam pernah menjumpai hama yang satu ini, yup, si kutu putih atau White Fly bisa juga dibilang kutu kebul. Mengapa dan ada apa dengan hama ini sampai sangat di benci oleh si pemilik tanaman yang dihinggapinya, yuk kita bahas.

Kutu putih ini bisa dibilang sangat merugikan tanaman kesayangan anda karena mengisap sarimakanan tumbuhan, dan menghasilkan madu dan madunya menjadi makan bagi semut, maka dari itu ketika ada hama kutu putih pasti ada semut, coba lihat gambar dibawah ini.

Semut dan Kutu Putih

Jadi yang mana neh yang harus di basmi, kutu putih atau semutnya..?? yang pasti si kutu putih yang harus di basmi karna merekalah yang menghasilkan makanan bagi semut-semut kecil :), sebelum kita lanjutkan ke pembahasan cara membasmi hama ini kita harus tahu dulu dari mana mereka datang dan kenapa mereka datang, padahal tidak undang, hehe.

Habitat dan Tempat yang disenangi Kutu Putih

Kutu putih memang musuh bagi pertanian diseluruh dunia terutama di iklim subtropis dan tropis seperti negara tecinta ini yaitu Indonesia, ada yang bilang kutu putih ini berasal dari kawasan india dan menyebar ke seluruh dunia.

Jika anda ingin menanam, yang perlu diperhatikan adalah lingkungan sekitar area tanaman anda. Kutu putih ini suka dengan udara yang lembab, maka dari itu genangan air, selokan agar selalu dibersihkan, yang kedua adalah Gulma atau rumput liar, ini salah satu penyebab kedatangan kutu putih. Jadi sudah taukan apa yang harus anda lakukan, terus kalau tanaman sudah terserang kutu putih penanggulangan gimana gan..?? sabar kita akan bahas di bawah ini ok, lanjut gan.

Penanggulangan si Kutu Putih

Sebenarnya banyak cara untuk penanggulangan si hama satu ini dari cara yang repot sampai cara yang mudah, (nah..yang mudah saja gan.,,) jika anda pilih cara yang mudah buang tanaman anda dan tanam lagi dari awal..hehe, bcanda gan, ok lah kita lanjut.

  • Sabun Cuci Piiring

Cara yang paling aman dan tidak mahal adalah mengunakan Sunlight atau sabun cuci piring dan caranya bisa di semprotkan atau di gosok daun yang terserang hama dengan spon, pasti anda bertanya..kok bisa gan? Dari artikel yang pernah saya baca dahulu kala, kutu putih tidak kuat dengan paparan sinar matahari, maka dari itu kalau ada pertanian yang menggunakan plastik mulsa, itu salah satu pencegahan si kutu putih,

Pelastik Mulsa

Cara kerja plastik mulsa ini memantulkan cahaya matahari kebawah daun tempat berkumpulnya kutu putih. Ok Cukup lah pembahasan palatik mulsa ini, udah ada yang nga sabar kenapa sabun cuci piring bisa mengusir hama kutu putih 🙂

Kutu putih mempunyai lapisan lilin untuk bertahan dari paparan sinar matahari, maka dari itu sabun cuci piring menghilangkan lapisan lilin tersebut dan berharap jika lapisan lilinnya sudah hilang dan ketika mereka terpapar matahari kutu putih itu kabur dan mati.

  • Obat Insektisida Organik

Nah…cara yang ini praktis, aman dan ampuh, yaitu menggunakan Isektisida Organik, banyak merek insektisida organik yang bertebaran di pasaran dengan kandungan dan keunggulan nya masing-masing tapi di benihkita.com biasanya menggunakan Antilat, kenapa kami menggunakan merek ini, karena selain ampuh juga bisa mengusir si lalat buah yang biasanya membuah buah menjadi busuk.

Biasanya jika anda menggunakan yang memang dirancang untuk mengusir hama ada keunggulan seperti.

  • Meningkatkan daya tahan tanaman agar tidak mudah terserang hama dan penyakit
  • Hama akan diusir bukan dibunuh seperti halnya kita menggunakan sabun cucui piring atau bahan kimia.
  • Relatif aman karena dibuat dari baham-bahan alami
  • Dan yang pasti tidak menyebabkan kekbalan/resistensi terhadap hama

Itu manfaat dan keunggulan jika kita menggunakan pembasmi hama yang memang dirancang untuk mengusir hama.

  • Obat Isektisida Kimia

Cara yang satu ini jika memang anda sudah frustasi terhadap si kutu putih atau si kutu putih sudah betah di tempat anda..:). Bagi petani sebagian, menggunakan Insektisida kimia adalah cara mereka mengusir hama ini, kenapa dan mengapa, karena bisa dibilang menggunakan bahan kimia tergolong cepat dan sangat ampuh atau memang penyebaran hama ini sudah terlalu luas sehingga tidak bisa lagi di tanggulangi dengan cara yang saya sebutkan diatas. Kalau saya ditanya merek yang mana yang paling ampuh yang pasti merek yang di jual di benihkita dong J, merek obat kimia ini sangat beragam jadi silahkan dipilih sesuai keyakinan anda masing-masing.

Cara penggunaannya gimana gan ? upzz.. sampe lupa 🙂 cara penggunaanya sebenarnya simple cukup di sempotkan di bawah daun, ingat loh, dibawah daun jangan diatas nya karena si kutu putih ngumpet di bawah daun. Lakukan pagi atau sore hari yang penting jangan lakukan pada saat matahari terik, lakukan seminggu sekali atau seminggu 2 kali tergantung tingkat serangannya.

  • Kontrol Pekembangbiakan Si Kutu Putih

Si Kutu Putih punya musuh alami loh layaknya Film laga yang pasti ada musuh yang harus di basmi :), siapa sih musuh alami hama ini? Dari buku yang saya baca setebal 10rb halaman (Lebay.. :)) ada spesies dari Eretmocerus yang dikembangkan di Amerika yaitu Eretmocerus mundus, Eretmocerus hayati dan Eretmocerus emiratus merupakan sekelompok individu genetik yang bersifat parasit bagi B. tabaci (kutu kebul) dan berfungsi sebagai agen pengendali biologis. Dan Saat ini ada empat jenis yang tersedia secara komersial, mereka termasuk Delphastus pusillus, Macrolophus caliginosus, C. carnea, dan Chrysoperla rufilabris. D. pusillus adalah spesies kumbang kecil yang mengkilap hitam. Kumbang ini bisa menyedot habis isi kutu kebul dengan cara menusuk. Larva dan kumbang dewasa menyantap semua tahap kehidupan kutu kebul. Sedangkan C. rufilabris hanya memakan tahap larva atau tahap belum dewasa dari kutu kebul. Ini neh penampakannya.

Musuh Alami Kutu Putih

Ok saya rasa sudah cukup penjelasan mengenai membasmi si kutu putih walaupun ada cara-cara yang lain seperti meramu sendiri obat pembasminya dan yang lain-lain. Soo, jika tanaman kalian terserang hama ini jangan frustasi, cukup ikuti langkah-langkah yang saya berikan insyaallah si kutu putih kabur tidak kembali lagi. Happy Gardening..Hijaukan dan sukseskan tanam seribu pangan untuk Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog