Mengenal Tanaman Basil Lebih Dalam

Back to Blog

Mengenal Tanaman Basil Lebih Dalam

Basil adalah tanaman herbal atau biasa digunakan untuk bumbu suatu masakan, ragam basil sangat banyak, seperti Sweet Basil, Spiciy Basil, Thai Basil dan masih banyak yang lainya, begitu juga dengan warna, basil mempunyai dua warna Hijau dan Merah.

Basil sendiri bisa dibilang bintangnya tanaman Microgreens, karena mempunyai rasa yang manis tergantung variates yang ditanam, tanaman basil sendiri yang sering dimanfaatkan adalah daunya meskipun beberapa ada juga yang memanfaatkan batangnya.

Walaupun benih basil berkecambah agak lama, akan tetapi tanaman ini tahan lama atau kuat di berbagai musim, nah…cocok ini untuk dijadikan koleksi Apotoik hidup di perkarangan rumah.

Pertanyaannya, kapan sih basil siap dipanen? Ok kita bahas waktu yang tepat untuk memanen tanaman basil.

Biasanya tanaman basil siap di panen ketika  umur tanaman sekitar 50 hingga 75 hari setelah tanam atau ketika tanaman terlihat mempunyai enam daun di setiap cabangnya, tapi hati-hati loh, memanen basil sebelum atau sesudah masa panen terbaik akan mengurangi rasa dan aroma basil itu sendiri.

Basil Dimanfaatkan Sebagai Minyak

Sebelum kita membahas lebih jauh, perlu diketahui Basil adalah satu keluarga dari Kemangi dan Peppermint dan manfaat minyak basil tersebuh sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1. Basil mempunyai khasiat melawan bakteri, karena mengandung Zat antimicroba  yang berfungsi untuk melawan bakteri jamur, ragi dan E coli yang biasanya penyebab keracunan makanan.

2. Selain melawan bakteri, minyak basil juga berkhasiat melawan virus, contohnya dapat melegakan hidung tersumbat atau mampet. Penelitian dari Kaohsiung Medical University di Taiwan melaporkan daun basil bersifat antivirus yang dapat membantu melawan virus influenza

Selain dua diatas minyak basil juga dapat meredakan pegal linu karena tersimpan zat antiradang untuk mengusir pegal linu dan melemaskan otot-otot.

Ok sekian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan salam berkebun

 

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog
You've just added this product to the cart: