Buat Apotik Hidup di Perkarangan Rumah

Back to Blog

Buat Apotik Hidup di Perkarangan Rumah

Siapa yang tidak ingin mempunyai Apotik hidup di perkarangan rumahanya, pasti kalian pencinta dan hobi berkebun menginginkannya, tapi bagi pemula ada rasa ketakutan atau kegagalan ketika menumbuhkan tanaman herba dari biji.

Benihkita akan memberi sedikit Tips bagaimana anda bisa merubah perkarangan rumah anda menjadi Apotik hidup.

Hobi yang Menyenangkan – Meskipun ada beberapa benih herba tumbuh dengan mudah, beberapa di antaranya sedikit lebih sulit, menanam benih herba diperkarangan rumah tidak terlalu sulit dengan tantangan yang cukup untuk membuatnya menarik tanpa membuat frustrasi atau menyalahkan penjual benih :).

Herba adalah tanaman cantik yang memiliki satu manfaat utama dari tanaman biasanya… Anda dapat memetiknya dan menggunakannya, apakah itu untuk ramuan kuliner untuk memasak, ramuan obat untuk penyembuhan, atau ramuan untuk teh, dan ramuan-ramuan lainya yang bermanfaat. Menanam tanaman herba dari biji dibutuhkan ruang yang sangat sedikit dan bahkan bisa dilakukan di atas meja dapur atau jendela.

Ada banyak variates tanaman herba, dan saya rasa hampir sama cara menumbuhkan mereka dari biji, ok langsung saja kita bedah satu persatu

Basil –  salah satu tanaman herba yang sangat mudah ditumbuhkan dari biji, taruh satu atau dua biji per pot lalu tutupi dengan tanah tipis, bisanya biji akan berkecambah 4 hari setelah semai. Biasanya basil suka dengan tanah yang lembab tidak terlalu becek atau kelebihan air, pindahkan di pot berdiameter 2 inci setelah berdaun 4 atau 6.

Chives – ini adalah salah satu tanaman herba yang mudah tumbuh sama seperti basil tapi lebih lama untuk berkecambah sekitar 10 hari setelah semai

Ciliantro atau Ketumbar – salah satu kesulitan terbesar adalah memindahkan tanaman ini ketika sudah besar, biasanya tanaman ini mudah mati ketika dipindahkan ketempat lain, tips dari kami adalah ketika ingin dipindahkan, pindahkan bersama media tanamnya jangan sampai ada akar yang putus atau rusak, untuk menumbuhkan biji ketumbar ada baiknya biji diremdam dahulu selama satu malam agar daya kecambah semakin bagus, ini optional loh bisa dilakukan atau tidak. Kemudian Biji di tabur sedalam ¼ inci dan biasanya biji akan berkecambah sekitar 7 sampai 10 hari setelah semai.

Parsley – Siapa yang tidak tahu tanaman ini, daunya banyak dijual di supermarket, bentuk daun seperti seledri tapi tergantung variatesnya yah..Parsley adalah salah satu tanaman herba yang sangat lembat berkecambah, terkadang sampai 4 minggu baru mulai berkecambah tips dari kami adalah rendam terlebih dahulu dengan air hangat selama satu malam lalu kemudian taburkan benih dan tutup dengan tanah secara halus atau tipis. Sama seperti ketumbar, parsley sangat sulit untuk dipindahkan ketika sudah besar dan tips dari kami taburkan di pot yang agak besar jadi ketika meraka sudah besar kamu tidak perlu memindahkan nya lagi.

Oregano – Tanaman herbal kecil yang sangat lama untuk berkecambah bisa berminggu-minggu untuk melihat biji ini berkecambah, jadi bersabarlah J. Cara penyemaiannya juga sama seperti biji yang lainya tabur benih dan tutupi dengan tanah tipis saja diatasnya dan jangan lupa jaga kelembabpan medianya.

Sage – Sama seperti Parsley Oregano dan Ketumbar sangat lambat bekecambah, kadang membutuhkan waktu 21 hari setelah semai jadi sekali lagi bersabarlah J

Thyme – Benih thyme sangat kecil dan cara penyemainya pun cukup di taburkan di wadah atau pot yang sudah terisi media tanam, beberapa orang mencampurkan pasir dengan biji ini agar penyemaian menjadi rata, perlahan letakan beberapa biji di setiap pot dan tutupi dengan tanah tipis di permukaanya. Untuk berkecambah biji ini memerlukan waktu 2 sampai 3 minggu, agak lama juga yah, tapi bersabarlah J hati-hati tanaman ini rentan terkena penyakit, jadi peliharalah mereka dengan kelembutan dan kasih sayang,,hehe

Sebenernya masih banyak lagi varitaes tanaman herba tapi cara penemamanya hampir sama sepeti yang saya jelaskan diatas,intinya ketika mulai menyemai benih, hindarkan dari terik matahari langsung dan yang paling baik di letakan di tempat yang gelap. jadi tunggu apalagi hidupkan perkarangan kamu dengan berbagai tanaman herba dan jadikan perkarangan kamu menjadi Apotik Hidup.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Blog